Mengenal Berbagai Jenis Parfum Original & Non-Original - Semuatereview

Breaking

Friday, May 4, 2018

Mengenal Berbagai Jenis Parfum Original & Non-Original


Bagi sebagian orang, parfum sudah menjadi kebutuhan yang tingkatnya setara seperti kebutuhan primer. Pasalnya, beberapa orang percaya bahwa parfum mampu menjaga penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri dalam lingkungan bersosial. Namun, tidak sembarangan parfum dapat dikatakan baik untuk digunakan, dan bahkan khususnya bagi sebagian orang, parfum memiliki dua jenis yang sangat spesifik untuk diketahui, yaitu parfum original dan parfum non-original.

Sebelum mengetahui apa itu parfum original dan parfum non-original, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kemasan dan cara penjualan dari parfum original maupun non-original.



Kategori parfum original

Original produk

Parfum kategori ini merupakan parfum yang biasa dijual di mall, reseller resmi dan konter-konter resmi. Parfum kategori ini biasanya memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pajak bangunan tempat parfum tersebut dijual dan faktor pengemasan barang secara rapi dengan menggunakan dus, yang diharuskan sesuai dengan standar UN Packaging.

Standar tersebutlah yang melabelkan parfum yang dikemas termasuk ke dalam kategori Dangerous Goods. ( UN 1266 : perfumery product with flammable solvents ). Tentunya, parfum kategori ini diperlakukan sangat hati-hati saat proses pengiriman untuk menjaga parfum tetap aman sampai ke tangan konsumen.

Original tester

Parfum ini digunakan untuk barang display yang dipajang di mall atau konter-konter resmi yang bertujuan untuk barang uji coba ( tester ) bagi konsumen sebelum membeli parfum yang diinginkan.

Miniatur

Parfum jenis ini berukuran kecil hanya sekitar 4-10 ml. Parfum  ini merupakan versi kecil dari produk aslinya dan dijual hanya untuk koleksi para kolektor parfum.

Vial

Contoh / sample parfum ini merupakan produksi langsung dari pabrik para desainer parfum, yang bertujuan untuk mempromosikan produk mereka. Parfum vial biasanya hanya berukuran 1-2 ml saja.

Decant

Parfum sample yang berasal dari parfum asli yang telah dibuka, lalu isinya dipindahkan ke dalam botol yang berukuran lebih kecil. Biasanya, dituangkan ke dalam botol ukuran sekitar 8-10 ml oleh penjual. Parfum jenis ini sangat jarang ditemukan di Indonesia.


Kategori parfum non-original

Parfum KW

Parfum yang aroma nya dibuat meyerupai produk aslinya, dengan menggunakan bahan-bahan kimia tertentu, ciri khas parfum jenis ini memiliki harga yang relatif murah.

Parfum suntikan / refill

Parfum ini adalah buatan lokal yang diproses menggunakan suntikan / injector untuk memasukkan biang parfum ke dalam botol parfum. Parfum refill adalah parfum yang menggunakan wadah botol dari produk asli namun isinya tidak asli. Ciri lain dari parfum refill adalah kualitas nya tidak konstan, karena parfum refill diracik sesuai kondisi dan kapabilitas orang yang meracik. Jika komposisi yang dibuat pas maka kualitas akan baik, begitupun sebaliknya, jika komposisi nya kurang tepat maka kualitasnya menjadi buruk.

Perbedaan biang parfum dengan parfum asli


Parfum asli sejatinya telah menggunakan komposisi minyak essensial yang berasal dari bahan alam, walaupun ada beberapa parfum asli yang juga menggunakan bahan sintesis dalam campuran produknya, hal ini dilakukan dengan tujuan menjaga kelestarian lingkungan. Walau begitu, biasanya bahan sintesis yang digunakan memiliki kualitas yang bagus dan tidak mengganggu ciri khas dari masing-masing aroma  bahan-bahan alaminya.

Sedangkan biang parfum adalah tiruan wangi dari produk aslinya menggunakan bahan-bahan kimia yang diracik sedemikian rupa sehingga mendekati wangi yang diinginkan. Ciri khas  wangi yang dihasilkan biang parfum adalah wangi nya monoton, tidak akan ditemukan perubahan wangi yang terdapat pada parfum original seperti wangi awal ( top notes ), wangi tengah ( middle notes ), dan wangi dasar ( base notes ).

Karena berasal dari tiruan kimia, parfum refill yang menggunakan biang parfum cenderung tidak tahan terhadap perubahan suhu dan struktur kimia nya dapat berubah. Banyak kasus dilapangan wangi parfum refill menjadi berubah akibat disimpan terlalu lama. Biang parfum menggunakan methanol untuk mengurangi efek dingin karena alkohol. Hal ini membuat parfum refill terasa berminyak di kulit dan tidak jarang menimbulkan iritasi.


Notes pada parfum

Salah satu kelebihan parfum original dibandingkan non-original adalah terdapatnya notes. Tingkatan-tingkatan notes dapat dibedakan menjadi tiga yaitu :

1. Top notes 

Wangi awal yang dihasilkan saat pertama kali parfum disemprotkan ke kulit.

2. Middle notes

Wangi yang muncul saat wangi pada tahap top notes sudah menguap. Biasanya wangi pada tahap ini muncul sekitar 15 menit hingga satu jam setelah parfum disemprotkan ke kulit.

3. Base notes

Wangi pada tahap ini adalah wangi yang paling lama penguapannya, dan wangi pada base notes akan bercampur dengan wangi pada middle notes dan membentuk  wangi inti dari sebuah produk parfum. Wangi pada base notes memiliki karakter wangi yang paling kuat dibandingkan pada tahap-tahap sebelumnya.


Tips mengenali parfum original

1. Parfum original selalu menggunakan box / dus pada barang-barang produksi nya, baik itu                    original produk, original tester, miniatur, vial, dan decant. Namun untuk decant tidak selalu                 menggunakan dus hal ini diserahkan kembali pada kebijakan masing-masing seller.

2. Nomor batch code yang tertera pada dus / box harus sama dengan yang ada pada botol.

3. Terdapatnya label berupa stiker pada bagian bawah botol yang memperlihatkan informasi                    berupa nomer seri, dan dapat dibaca dengan jelas.

4. Terdapat nomer dari BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan ). Terkecuali produk yang              dibeli secara pribadi dari luar negeri dan tidak beredar di Indonesia.

5. Saat parfum pertama kali disemprot, tidak mengeluarkan cairan karena kondisi selang parfum              masih kosong. Hal ini menunjukkan parfum belum pernah dibuka / digunakan sebelumnya.

6. Pada bagian dus / box maupun pada bagian botol nya tidak terdapat goresan apapun, karena jika          produk original terdapat goresan yang disebabkan dari proses pengiriman maupun dari pabrik,            produk-produk ini akan di klasifikasikan kedalam produk defect dan tidak akan beredar di                    pasaran.


Official Overview: 

https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009802848/lets-talk-about-parfum-original-vs-non-original--kw-reject-dll/1
https://archive.kaskus.co.id/thread/5193194/1

No comments:

Post a Comment